Power Control
Pelajari kekuatan mesin motor anda seberapa cepat dia bisa
berakselerasi, seberapa besar tenaga yg dimuntahkan mesin pada saat
membuka gas secara lembut dan saat membuka gas secara sekaligus ini
untuk mengantipasi gejala OVER Throttle pada saat anda berada atau
sebelum masuk tikungan yang bisa berakibat fatal.
Braking Point
Menghitung jarak pengereman pada saat memasuki tikungan atau pada saat
di jalur lurus, anda harus bisa mengkalkulasikan berapa kecepatan yang
diperlukan pada saat memasuki tikungan dan berapa meter jarak yang
diperlukan oleh motor anda untuk mencapai kecepatan yang diinginkan dari
posisi kecepatan tertinggi anda, ini bisa dilatih dengan cara terus
mengulang dan mencoba jarak pengereman yang berbeda-2 pada 1 tikungan
dimulai dari kecepatan terendah dan terus naik ke kecepatan yang lebih
tinggi.
Shifting Control
Perpindahan gigi dari gear rendah ke gear tinggi atau sebaliknya untuk
mengetahui seberapa besar power or engine brake yang akan motor anda
berikan ketika anda melakukan perpindahan gigi.
Clutch Control
Teknik yang dibarengi dengan Shifting control ini untuk mengetahui
seberapa kekuatan mesin anda pada saat POP CLutch or membuka kopling
secara mendadak untuk mengantisipasi roda belakang anda Skid or Slide.
Traction Sense
Anda harus benar-2 mengetahui seberapa kekuatan BAN anda pada saat
memasuki tikungan, apakah ban anda termasuk GRIP type….atau Drift
Type….dengan mengetahui seberapa kekuatan GRIP ban and apada saat
memasuki tikungan akan mengurangi gejala Skid or Slide dan mempermulus
anda dalam melakukan cornering.
Suspension Capability
Suspensi yang terlalu lembut atau terlalu keras akan menyulitkan kita
untuk menaklukan tikungan, pastikan anda mengetahui dengan pasti kondisi
suspensi motor anda untuk mengambil keputusan kecepatan tertinggi dan
terendah anda dalam menaklukan tikungan.
Chasis, Swing Arm and Fork Configuration
Semua chasis memiliki karakter yang berbeda beda dan tak bisa disamakan,
makanya pelajarilah sifat Chasis anda dengan baik, cara termudahnya
adalah dengan mengetahui wheel base….rake….dsb dari motor anda untuk
menghitung radius putaran motor dsb.
Saddle Position
Posisi jok akan menentukan bagaimana body positioning yang tepat untuk
motor anda. Make sure anda merasa nyaman pada saat cornering.
Foot Peg Position
Foot step, posisinya sangat menentukan body position kita, foot peg yang
terlalu rendah akan menyebabkan motor kita tidak dapat miring terlalu
dalam karena akan tersangkut foot step yang bisa berakibat fatal.
Handle Bar Position
Stang Lebar atau Setang Jepit akan merubah posisi berkendara anda dan
memiliki cara yang berbeda pula pada saat cornering, pastikan anda
menggunakan teknik yang tepat untuk menguasai kondisi stang anda.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment