Monday, December 22, 2014

Keunggulan pake Pertamax


Pagi Bro sis, gimana kabarnya? mudah-mudahan tetep sehat ya biar bisa eksis kemana-mana. hehehe
Well, seperti biasa setiap hari Senin ane bangun pagi-pagi dan siap-siap buat berangkat kerja. Nah pas manasin si Cibi lakok indikator bar bensin udah cedut-cenut alias tingtung-tingtung pertanda minta minum si Cibi. Yauweslah pas berangkat kerja ane mampir di stasiun bahan bakar deket rumah. Pas udah nyampe sana lhadalah pom e kok antri di pompa premiumnya. Emang Cibi yang ane tunggangin biasanya ane minumin Premium dengan alasan lebih ekonomis. Tapi pas waktu itu, ane udah kepepet sama waktu kerja jadinya yaa nyobain pindah ke Pompa Pertamax. Yaa walaupun dengan harga yang "sedikit" lebih mahal tapi gakpapalah, daripada ane telat ngantornya.
Pas udah jalan ane ngerasain ada perbedaan yang signifikan ane rasain terjadi pada si Cibi. Tarikan lebih enteng dengan suara mesin yang nggak ngeden (koyok wong anu ae) dan memang lebih irit. Trus pas udah nyampe kantor ane browsing-browsing tentang Pertamax, nyari apa yang beda dengan Premium kok bisa langsung kasih dampak yang ciamik buat motor yang ane tunggangin.

Nah pas dibrowsing nemu beberapa artikel yang membahas tentang Pertamax, ternyata banyak sekali keunggulan yang dimiliki Pertamax dan kata si penulis "Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI) dan Catalytic Converters (pengubah katalitik)." Naah, karena si Cibi itu pake PGM-FI atau teknologi Fuel Injection kepunyaan Honda yang keren itu. Jadi ane fikir si Cibi pantesnya make Pertamax.
 Selain bagus buat Fuel Injection, Pertamax merupakan bahan bakar ramah lingkungan(unleaded) beroktan tinggi hasil penyempurnaan produk Pertamina sebelumnya. Formula barunya yang terbuat dari bahan baku berkualtas tinggi memastikan mesin kendaraan bermotor bekerja dengan lebih baik, lebih bertenaga, “knock free”, rendah emisi, dan memungkinkan anda menghemat pemakaian bahan bakar. Nah gak heran kalo si Cibi langsung ngejreng pas diminumin Pertamax.
Selain itu, Pertamax memiliki nilai oktan 92 dengan stabilitas oksidasi yang tinggi dan kandungan olefin, aromatic dan benzene-nya pada level yang rendah sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna pada mesin. Dilengkapi dengan aditif generasi 5 dengan sifat detergency yang memastikan injector bahan bakar, karburator, inlet valve dan ruang bakar tetap bersih untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal.
Pertamax udah nggak menggunakan campuran timbal dan metal lainnya yang sering digunakan pada bahan bakar lain untuk meningkatkan nilai oktan sehingga Pertamax merupakan bahan bakar yang sangat bersahabat dengan lingkungan sekitar. Bahan bakar biasanya diukur dengan Research Octane Number atau disingkat RON, di mana Jenis Premium dengan RON 88, Pertamax dengan RON 92 dan Pertamax Plus RON 96. Research Octane Number atau disingkat RON itu sebuah nilai yang digunakan untuk mengukur ketahanan mesin motor bahan bakar bensin terhadap Knocking atau sering disebut efek mesin ngelitik.
Jadi intinya, Pertamax memiliki spesifikasi bahan bakar yang sangat bagus kalo digunakan buat kendaraan karena Pertamax sendiri memiliki kadar oktan yang tinggi dan tanpa timbal (unleaded). Tentu aja dengan kita menggunakan pertamax, mesin kendaraan kita menjadi lebih awet dan terjaga kualitasnya karena bahan bakar yang kita gunakan juga memiliki kualitas yang tinggi. Gak cuma itu saja, perbedaan pemakaian bahan bakar Premium dan Pertamax tentu saja punya pengaruh di sisi mesin dan performa, yaitu untuk mesin sepeda motor dengan kebutuhan spesifikasi bahan bakar jenis Pertamax apabila menggunakan jenis Premium maka akan berpengaruh pada menurunnya performa dan umur pakai mesin. Sementara mesin sepeda motor dengan kebutuhan spesifikasi bahan bakar jenis Premium apabila menggunakan jenis Pertamax maka performa mesin motor kita akan meningkat, akselerasi tarikan lebih resposif. Pembakaran menjadi lebih sempurna karena nilai oktan pertamax lebih tinggi sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih bersih, sehingga kinerja mesin menjadi meningkat, busi jadi tidak cepat ganti. Nah ketemu kan, sebenernya si Cibi emang harusnya pake bahan bakar yang tanpa timbal. Biar mesin awet dan performa gak ngeden.
Sebenernya sih masih banyak manfaat dan kelebihan dari menggunakan Pertamax, selain mengurangi efek polusi timbal karena pertamax kadungan timbalnya sangat sedikit dibanding premium, hal ini tentu akan berdampak baik untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan. Dan yang terpenting, secara tidak langsung kita telah membantu pemerintah untuk mengurangi anggaran subsidi BBM karena kita memakai bahan bakar non subsidi.
            Dengan sedikit penjelasan ini, ane nggak mengatakan HARUS menggunakan Pertamax, akan tetapi kalau kita memiliki kemampuan dan kemauan serta untuk membantu program pemerintah untuk menggunakan bahan bakar non subsidi, sekaligus buat nunjukin rasa sayang kita ke kendaraan kita ya ane saranin ada baiknya untuk ‘hijrah’ ke bahan bakar Pertamax.
Salam nakdek SJ#017
Source: http://meeqoe.wordpress.com/

4 comments:

Show Emoticons