Friday, December 19, 2014

Tips Saat Menembus Genangan Air / Banjir

Musim hujan seperti sekarang ini banyak jalanan yang "tiba2" tergenang banjir. Kadangkala tidak terlihat mata karena berada dijalanan yang gelap dan hujan sangat deras.
Lalu bagaimana jika tiba2 kita berhadapan dengan situasi ini? Apa yang harus dilakukan?
  1. Stay calm and steady, dan jangan panik.
  2. Jangan melakukan pengereman secara tiba-tiba.
  3. Jaga gas tetap konstan pada putaran RPM tinggi. Jangan memain2kan gas/geber2. 
Berikut adalah tips dan trick menghadapi genangan air/banjir.

1. Masuk Genangan Air Dalam Kecepatan Rendah.
  • Untuk Motor Batangan/Sport: tahan kopling 1/2 dan jalankan di RPM diatas 2000 rpm agar air gak tersedot kedalam knalpot. Sebaiknya di gigi 2, sambil kaki sedikit menekan rem belakang agar tidak slip juga rem tidak blong sekeluarnya dari air.
  • Untuk Motor Bebek, jalankan motor secara perlahan sambil menekan rem belakang sedikit agar motor tidak melonjak.
  • Untuk Matic, sama dengan bebek. Jika motor agak brebet sedangkan posisi ditengah2 genangan, tarik cuk sampai tertutup penuh.

2. Masuk Genangan Air dalam Kecepatan Sedang/Tinggi.
    Kadang, di jalanan gelap, genangan air tidak jelas terlihat. Saat terlihat, jarak sudah terlalu dekat.
    • Untuk Motor Sport:
  • Jangan melakukan pengereman mendadak, kemungkinan disekitar genangan aspalnya licin atau berpasir.
  • Lepas gas dan turunkan gigi satu step.
  • Tahan bantingan setang yang biasanya akan terjadi saat motor tiba2 masuk kegenangan.
  • Tahan kopling 1/2 dan buka gas skitar 2000 RPM sambil mengurangi kecepatan dengan cara "memainkan" kopling.
  • Jangan digeber2, karena malah akan membuat air tersedot kedalam knalpot. Tahan gas dengan konstan.
  • Setelah keluar genangan, jalankan motor di gigi rendah sambil menahan kopling 1/2 dan buka gas konstan diatas 2000RPM sampai gejala brebet hilang.
•  Untuk Motor Bebek, biasanya susah tertolong karena busi langsung basah, yang penting jangan melakukan pengereman mendadak. Biarkan motor berhenti karena engine break.

Biasanya gejala yang terjadi saat motor masuk genangan agak dalam secara tiba2, ban depan terasa "melayang" dan setang seperti digoncang2 kanan kiri. Jangan panik dan memikirkan yang lain, konsentrasikan saja bagaimana agar handling tetap stabil.

Demikian Brosist sedikin tips dari kami, thanks for reading.

Keep Safety Ride Guys..

Salam, #SJ009

Source : link
Pic by : Rico Andrianto @Honda CB150R StreetFire Lovers

5 comments:

Show Emoticons