Wednesday, March 18, 2015

Basic Performance Riding Technique [Throttling Technique]

Kebanyakan pengendara hanya melihat throttle sebagai kontrol: membukanya untuk pergi lebih cepat, tutup untuk melambat. Namun pada kenyataannya throttle jauh lebih dari itu. Karena mesin mempengaruhi dinamika sepeda motor terutama di tengah-tengah sudut-throttle dapat digunakan sebagai alat untuk membantu chassis sepeda Anda bekerja lebih baik. Ketika sepeda motor berada di bawah kekuasaan, ada beberapa faktor yang bekerja sesuai keinginan kamu. Chassis lebih stabil seirama perputaran mesin. Berkurangnya beban di ujung depan, yang memungkinkan suspensi dan ban untuk bekerja lebih baik serta mengurangi resiko kecelakaan front-end. Dan membuka throttle dapat juga meningkatkan grip ban belakang juga.  Jika Anda pernah bereksperimen dengan meluncur menuruni bukit berkelok-kelok, Anda akan tahu berapa banyak mesin dapat mempengaruhi sasis. Dengan tidak ada kontrol yang diterapkan, baik kemudi dan suspensi bekerja secara berbeda dan dapat menyebabkan beberapa saat tegang midcorner. (Dan kami tidak merekomendasikan Anda untuk menyusuri jalan berkelok-kelok untuk mencoba ini)

Sangat penting untuk mengetahui bahwa tindakan membuka throttle tidak selalu berarti Anda akan mempercepat. Penerapan awal kekuasaan biasanya tidak cukup untuk mengatasi gesekan dan aerodinamis yang terlibat, dan sepeda motor akan terus kehilangan kecepatan. Di sudut-sudut yang lebih cepat, data menunjukkan bahwa throttle perlu sebanyak 20 persen terbuka sebelum sepeda akan mulai menambah kecepatan. Pengendara tingkat ahli tahu ini dan memiliki throttle terbuka baik sebelum puncak giliran, sedangkan sepeda motor masih melambat.

Power Band
Apa itu Powerband ? powerband adalah rentang tenaga maksimal yang dimiliki motor anda m ulai dari rpm terendah hingga peak power, membuka gas berlebihan melebihi powerband mesin anda adalah hal yang percuma dan tidak efektif, hafalkan peak power atau tenaga maksimum yang dimuntahkan mesin anda pada rpm berapa ? bagi yang tidak memiliki tachometer memang agak sulit tapi dapat dirasakan kok pada saat motor sudah kehabisan tenaga maka itulah peak powernya.

Smooth Throttling
Apa itu Smooth Throttling ? ini adalah teknik dasar membuka grip gas, dimana bukaan gas dilakukan secara halus dan tidak disentak-2 atau kasar, semakin halus bukaan gas maka tenaga motor yang dikeluarkan akan semakin bertahap sehingga akan memudahkan kita untuk mengontrol dari pergerakan motor itu sendiri, terutama ini sangat penting pada saat menaklukan tikungan, buka an gas yang mendadak dan terlalu cepat akan membuat ban belakang kehilangan traksi dan dapat mengacaukan laju motor itu sendiri, menutup dan membuka gas secara halus adalah mutlak harus dikuasai.

Hand Grip Position
Posisi pergelangan tangan anda pada grip gas akan sangat berpengaruh pada teknik anda dalam melakukan smooth throttling, menggenggam grip gas terlalu kuat sangatlah tidak disarankan, karena akan membuat kita menjadi kaku dan otot-2 tegang, peganglah grip gas dengan lembut dan relax, sehingga proses pergelangan tangan saat menutup dan membuka gas akan terasa nyaman.

Finger position
Posisi jari jemari anda di grip gas sangat penting, dimana apabila posisi jari tidak tepat akan membuat pengaturan gas anda kurang baik, salah satu teknik opneing throttle dengan jemari adalah dengan menggunakan jari kelingking dan jari manis yg menarik grip gas sehingga bukaan gas akan lembut, selain itu juga ada teknik opening throttle dengan jempol dan jari telunjuk, teknik ini biasanya digunakan pada saat roll of gas yang cepat dan pada saat yang sama membutuhkan bukaan gas untuk menahan rpm dari mesin

1 comments:

Show Emoticons