Tuesday, March 10, 2015

Jangan asal pilih helm..!

Assalamualaikum,

Selamat pagi mas bro, para biker selalu identik dengan beberapa alat kelengkapan keselamatan nya, mulai dari helm, sepatu jaket serta protektor lutut dan lain sebagainya, nah tujuan nya di pakai alat itu tak lain adalah hanya untuk keselamatan dalam berkendara tak hanya sekedar buat gaya..

Nah mas bro semua, kali ini admin mencoba mengetengahkan alat keselamatan berkendara yang paling utama dan penting, yakni Helm, peraturan mengenakan helm saat berkendara sejak dulu sampai sekarang sangat di tekankan di karena kan alat tersebut adalah alat untuk melindungi bagian yang sangat vital dari tubuh kita yakni kepala, nggak kebayang kan kalau misal ada kecelakaan (tapi Mugo Mugo ora kedaden ndek awak dewe, amin) pas nggak pakek helm.. Hemmmmmm dampak nya ngeri mas bro..

Kita masih sering menjumpai para biker kadang menyepelekan alat ini, dan ada salah Kaprah juga di tengah masyarakat bahwa pakai helm untuk menghindari razia polisi, hmmm sebenarnya helm bukan untuk itu tujuan nya namun untuk keselamatan diri kita pribadi.. So, ayok kita rubah bersama cara pandang masyarakat mayoritas bertapa penting nya helm di gunakan saat berkendara..

Ngomong ngomong soal helm nih, dan bagi yang mau beli helm tidak semua helm di Pasaran itu layak di gunakan, karena pemerintah sendiri menganjurkan untuk menggunakan helm yang berstandar nasional Indonesia alias (SNI), pasti mas bro semua sudah sering melihat helm ber emboss SNI, tak jarang kadang helm ada juga yang berstiker DOT atau SNELL, stiker DOT sendiri punya arti lho mas bro, yang jelas bukan cuma hiasan di helm atau bahkan diartikan tempat minum bayi hehehe...

DOT
Beberapa merek Helm yang memiliki kualifikasi SNELL antara lain AGV, Arai, Astral-X, Astro-TR, Chaser, Classic-LE2, Classic/c, Condor, Corsair, GP-5X, Omni-J, Quantum-2, Rapide-Ov, X-Eleven, dan XR-1000
Salah satu lembaga sertifikasi helm lainnya adalah DOT. DOT merupakan singkatan dari Departement of Transportation di amerika dengan kode FMVSS 218. Helm yang memiliki stiker DOT adalah helm yang telah lulus uji produk yang dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Helm dengan stiker DOT banyak ditemukan di pasaran antara lain dengan merek KYT, MDS dll.
Sebetulnya helm dengan sertifikasi SNELL dan DOT merupakan sertifikasi yang diakui oleh International dan diadopsi oleh 50 negara besar di dunia diantaranya negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.
SNI
Standar Nasional Indonesia (disingkat SNI) adalah satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional.

 Nah untuk Type nya sendiri kan sudah banyak mas bro, mulai dari helm half face ada juga helm full face serta ada pula helm model crooss/super moto.. untuk pilihannya sendiri tergantung selera dan kenyamanan mas bro semua, namun jangan sampai ketinggalan untuk ngecek sertifikasi demi keamanan diri kita sendiri. 

Tips Memilih Helm
Selain sertifikasi dari Snell atau DOT, ada beberapa cara untuk mengetahui apakah helm tersebut berkualitas baik atau tidak. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain :
  • Memiliki ukuran proprosional - tidak terlalu besar atau sebaliknya.
  • Tidak kopong - Bila di ketuk bagian batoknya tidak berbunyi nyaring.
  • Tidak lentur - Helm di posisikan terbalik bila kedua sisinya ditekan tidak berubah bentuknya.
  • Memiliki ketebalan stirofom sekitar 1 cm dan terdapat lapisan busa setebal 1 cm pada bagian depan.
  • Jarak dari mulut pemakai dengan ujung helm sekitar 1-1.5 cm.
  • Kaca helm tidak terlalu tipis, ketebalannya sekitar 2-3 mm.
  • Terbuat dari bahan Plastik atau Karbon Kevlar                                
beberapa kutipan di ambil dari Sumber : Memobee.com

So, Salam Safety Riding bro.. 

Admin 006

1 comments:

Show Emoticons